Artikel

Kampanye Diet Kantong Plastik di Tastemarket 2015

Oleh Adisa Soedarso
May 15th, 2015
Baca artikel

Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik  (GIDKP) berkesempatan untuk kampanye di Tastemarket Trans Studio Mall Bandung 2015 pada 8-10 Mei 2015. Acara ini merupakan festival kuliner yang menghadirkan banyak stand makanan dari para usahawan di Kota Bandung. Selama 3 hari, GIDKP melakukan riset terkait kantong belanja yang digunakan oleh seluruh stand makanan.  Lebih dari 100 stand makanan hadir dan menyajikan kekhasan rasa yang berbeda-beda.

Relawan bergerak untuk bertanya kepada masing-masing stand berkaitan dengan kantong belanja yang digunakan oleh mereka untuk diberikan kepada pengunjung. Banyak pemilik stand yang tertarik dengan isu yang GIDKP bawa dan bertanya lebih lanjut terkait aksi pengurangan sampah kantong plastik. Tidak sedikit juga kami menemukan pemilik stand yang masih menggunakan kantong plastik. Inilah tugas kami untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk mencoba mengurangi kantog plastik yang biasa digunakan untuk berbelanja.

Pada hari pertama, Tastemarket mengajak GIDKP yang diwakili oleh Rahyang Nusantara dan BPLH Kota Bandung yaitu Siti Khodijah untuk berbincang-bincang singkat dan menjelaskan kepada para pengunjung pentingnya mengurangi kantong plastik ketika membeli makanan. Karena, plastik digunakan sekali pakai dan dibuang begitu saja sedangkan kantong plastik tidak hilang dengan mudah di alam.

Hasil riset tersebut nantinya akan menjadi bahan pengetahuan baru untuk melihat seberapa banyak stand makanan yang masih menggunakan kantong plastik dan yang sudah menggunakan kantong alternatif lainnya ketika berbelanja. Harapannya Tastemarket dapat menjadi contoh bagi festival makanan lainnya untuk melibatkan kampanye lingkungan seperti ini dan mengangkat isu pengurangan sampah menuju zero waste event. (Adisa Soedarso)

BAGIKAN

media terkait

Pilih kategori

dukung sekarang

Dukung dan bergabung dengan gerakan kami sekarang baik menjadi relawan, mitra hingga petisi dan donasi.
media terkait
Pilih kategori