Artikel

Mengurangi Kantong Plastik Ketika Berpuasa

Oleh Adisa Soedarso
July 14th, 2015
Baca artikel

Bulan Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Bukankah di bulan puasa, pemakaian kantong plastik juga akan berkurang?

 

Aku rasa tidak. Malah akan membuat penggunaan kantong plastik semakin tidak terkontrol. Kenapa?

 

Datangnya bulan Ramadhan atau bulan puasa juga diiringi dengan semakin merajalelanya penjual ta’jil dadakan. Pemandangan ini dapat kita lihat menjelang berbuka puasa, tidak hanya di spot jualan tertentu tetapi juga di pinggir-pinggir jalan. Hampir kebanyakan penjual ta’jil yang aku amati, hampir pasti menggunakan kantong plastik dalam jumlah besar. Dengan situasi ini sebenarnya kita tetap bisa berdiet kantong plastik, tentu saja dengan membawa kantong belanja sendiri, yaitu tas pakai ulang atau totebag. Selain kantong plastik, untuk menghindari penggunaan wadah plastik yang lain, kita dapat menyiapkan tempat makan dan tempat minum kosong sendiri dari rumah sebelum pergi untuk membeli ta’jil. Membawa tumbler atau tempat minum yang sudah berisi air juga merupakan salah satu tindakan kecil untuk mencegah kita membeli botol plastik minuman kemasan di jalan saat waktunya berbuka puasa. Tindakan kecil bisa berdampak besar.
Belum lagi ketika orang-orang belanja untuk pakaian lebaran ataupun bingkisan lebaran di supermarket. Antrian di supermarket akan semakin panjang mengingat persiapan lebaran yang semakin dekat. Penggunaan kantong plastik pun semakin besar seiring dengan besarnya jumlah barang yang dibeli. Untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, kita bisa membawa tas pakai ulang sendiri saat berbelanja. Jika tidak memungkinkan, kita bisa meminta staf supermarket agar menggunakan kardus. Dengan begitu, kita tetap bisa menjalankan “puasa” kantong plastik. Selamat berpuasa dan ayo tetap Diet Kantong Plastik! (Saniy)

BAGIKAN

media terkait

Pilih kategori

dukung sekarang

Dukung dan bergabung dengan gerakan kami sekarang baik menjadi relawan, mitra hingga petisi dan donasi.
media terkait
Pilih kategori