Artikel

Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua di Dunia

Oleh GIDKP
October 24th, 2016
Baca artikel

RMOLJabar. Kantong plastik adalah suatu yang lumrah dan hampir tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Banyak yang tidak menyadari, kantong plastik yang dibuang setiap hari telah merusak lautan di dunia ini.

“90% sampah yang ada di laut adalah sampah kantong plastik dan ini sangat merusak habitat perairan kita,” kata Koordinator Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP), Rahyang Nusantara, di Ruang Pameran Tetap Museum Konferensi Asia AfrikaBandung, Sabtu (23/4).

Dia menyebutkan, rata-rata tiap orang membuang 700 kantong plastik per tahun. Artinya, setiap orang buang dua kantong plastik tiap hari.

“Berdasarkan riset Jambeck dari Universitas Georgia Amerika Serikat, tahun 2015 Indonesia adalah negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia setelah Cina,” kata Rahyang.

Dia mengajak seluruh masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik dengan membawa kantong belanja dari rumah untuk menggantikan kantong plastik. Jika terpaksa menggunakan kantong plastik, simpan kantong plastik yang telah digunakan tersebut untuk dimanfaatkan kembali selama mungkin.

Acara talkshow ini merupakan bagian dari rangkaian acara Peringatan 61 Tahun Konfrensi Asia Afrika.[des]

 

Artikel di atas dapat dibaca di sini

BAGIKAN

media terkait

Pilih kategori

dukung sekarang

Dukung dan bergabung dengan gerakan kami sekarang baik menjadi relawan, mitra hingga petisi dan donasi.
media terkait
Pilih kategori