Artikel

Alasan Kenapa Kita Diet Kantong Plastik

Oleh GIDKP
October 26th, 2016
Baca artikel

JAKARTA (Realita) – Diet kantong plastik yang dicanangkan pemerintah seakan mengingatkan kita akan tingginya bahaya kantong plastik. Dalam sebuah penelitian berikut beberapa alasan seberapa bahaya bahan kantong dari plastik dan produk sejenis.

Aturan kantong plastik berbayar setiap kali kita berbelanja di supermarket, sepertinya kurang efektif. Pasalnya, pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan kantong plastik ketimbang membawa tas sendiri dari rumah. Padahal, gerakan ini memiliki tujuan positif untuk meminimalkan penggunaan kantong plastik yang berbahaya bagi lingkungan sekitar. Tidak ingin kan bumi yang kita cintai ini rusak karena keengganan kita melepaskan kantong plastik? Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya tidak lagi menyentuh kantong plastik.

1. Plastik merupakan bahan yang tidak bisa segera terurai dengan tanah seperti sampah lainnya
Melakukan recycle atau daur ulang plastic membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan memproduksi plastic itu sendiri. Setelah berhasil didaur ulang pun, harga jual plastik tersebut jauh lebih murah daripada harga daur ulangnya, sehingga kerugian tersebut membuat banyak orang lebih memilih untuk memproduksi lebih banyak plastik.

2. Plastik beracun bagi lingkungan
Biasanya, tempat pembuangan akhir plastik adalah di tanah pembuangan, lautan dan danau karena keterbatasan tempat. Akhirnya, berbagai sampah plastik ini dapat mengotori habitat makhluk hidup lainnya dan merusak lingkungan serta ekosistem dan rantai makanan.

3. Adanya kandungan polyethylene
Polyethylene merupakan sejenis thermoplastic yang terbuat dari minyak dan termasuk bahan photodegrade yang berarti plastic dalam jangka waktu panjang akan terpecah menjadi partikel-partikel yang lebih kecil, lebih beracun dalam bentuk petro-polymers, yang akan mengontaminasi tanah dan air yang merupakan tempat tumbuh-tumbuhan dan hewan hidup dan mendapatkan makanannya dan menyebabkan racun tersebut masuk ke dalam tubuh kita juga.

Untuk mengurangi efek samping berbahaya dari plastik, Anda perlu melakukan perubahan dan mengadakan penyesuaian gaya hidup. Gunakanlah kantong kain daur ulang yang bias dipakai berulang kali untuk menghemat pemakaian plastik. Kontribusi Anda jika menggunakan kantong kain sangatlah signifikan, mulai dari membantu mengurangi pemakaian minyak untuk membuat plastik dan menjaga habitat makhluk hidup lainnya. Ingatlah untuk memakai dan membawa kemanapun kantong kain tersebut. Selalu simpan cadangan kantong kain di kendaraan Anda dan taruh di tempat yang mudah terlihat agar Anda terus mengingat untuk membawanya. oka

 

Artikel di atas dapat dibaca di sini

BAGIKAN

media terkait

Pilih kategori

dukung sekarang

Dukung dan bergabung dengan gerakan kami sekarang baik menjadi relawan, mitra hingga petisi dan donasi.
media terkait
Pilih kategori