Artikel

Kabupaten di Papua Ini Juga Berlakukan Plastik Berbayar

Oleh GIDKP
October 26th, 2016
Baca artikel

Liputan6.com, Jakarta – Menyusul Jakarta, berbagai toko dan supermarket di Kabupaten Biak Numfor, Papua juga akan memberlakukan kebijakan kantong plastik berbayar. Mulai 1 Agustus 2016, penggunaan kantong plastik dikenakan biaya Rp 200.

“Pengenaan plastik belanja berbayar Rp 200/kantong untuk Biak go green more fresh dan stay cool,” kata pekerja Supermarket Biak Lia, seperti dikutip dari Antara, Jumat (8/7/2016).

Warga Biak diminta peduli lingkungan serta mendukung program membawa kantong belanja sendiri dari rumah untuk mengurangi penggunaan plastik belanja.

Sebelumnya, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Biak ZR Mailoa mengakui, pelaksanaan pengenaan kantong plastik belanja berbayar untuk menekan pemakaian kantong plastik dalam mewujudkan Biak hijau, sehat, dan Biak bersih.

“Untuk pelaksanaan pembayaran plastik belanja berbayar dikelola manajemen supermarket dan pengusaha toko, ya begitu dana terkumpul akan dipakai untuk pengelolaan program lingkungan,” ujar Mailoa.

Hingga Jumat, limbah sampah plastik pascalebaran di bak penampung sampah di berbagai ruas jalan Kota Biak didominasi bebagai jenis kantong plastik.

Artikel di atas dapat dibaca pada Liputan 6

BAGIKAN

media terkait

Pilih kategori

dukung sekarang

Dukung dan bergabung dengan gerakan kami sekarang baik menjadi relawan, mitra hingga petisi dan donasi.
media terkait
Pilih kategori