Artikel

Disaksikan JK, Makassar dan 10 Kota Lain Berlakukan Kantong Plastik Berbayar

Oleh GIDKP
October 24th, 2016
Baca artikel

makassarkini.net, MAKASSAR – Walikota Makassar Danny Pomanto bersama 10 walikota se – Indonesia dan ketua umum Aprindo menandatangani komitmen bersama uji coba pemberlakuan kantong plastik berbayar.

Penandatanganan disaksikan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Sitti Nurbaya, Menteri Agraria, Tata Ruang dan Kepala BPN, Fery Mursidan Baldan, serta Menteri Koperasi dan UKM, AAG Ngurah Puspayoga.

“Substansi komitmen ini, bagaimana menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, dengan itu masyarakat telah berkontribusi dalam mengurangi jumlah sampah pelastik,”kata Danny.

Penandatanganan komitmen berlangsung di Celebes Convention Center (CCC) Makassar sebagai rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Sabtu (5/3/2016).

Danny bersama wali kota Ambon, Balikpapan, Banjarmasin, Bogor, Kendari, Malang, Medan, Tangerang, Tangerang Selatan, Banda Aceh, dan wakil wali kota bandung, Manado, Jayapura, Pekanbaru, Semarang, dan Surabaya berkomitmen untuk mereduksi penggunaan kantong plastik di kotanya.

Harapannya, perilaku masyarakat dapat bergeser dari menggunakan kantong pelastik berbayar ketika berbelanja di toko – toko ritel beralih ke kantong belanja yang disiapkan dari rumah ataupun menggunakan kantong belanja yang ramah lingkungan.

Jauh sebelum penandatanganan komitmen, Walikota Danny telah menyiapkan desain kantong belanja yang ramah lingkungan, dapat digunakan berulangkali yang terbuat dari bahan daur ulang.

Bertepatan dengan peringatan HPSN 2016, kantong belanja ramah lingkungan kreasi Wali kota Danny dapat dinikmati oleh warga Makassar yang memadati areal CCC di arena Pameran Bank Sampah dan Koperasi Sampah.

(muh asrul/pojoksulsel)

 

Artikel diambil dari Makassar Kini yang dapat dibaca di sini

BAGIKAN

media terkait

Pilih kategori

dukung sekarang

Dukung dan bergabung dengan gerakan kami sekarang baik menjadi relawan, mitra hingga petisi dan donasi.
media terkait
Pilih kategori