GERAKAN INDONESIA DIET KANTONG PLASTIK

Kami mengajak masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan kantong plastik.

Tentang kami

Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) merupakan lembaga non profit berbadan hukum perkumpulan yang memiliki visi untuk menjadikan Indonesia Bebas Kantong Plastik dengan mengajak masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan kantong plastik dan plastik sekali pakai lainnya serta beralih menggunakan kantong yang digunakan berulang kali untuk menyelamatkan lingkungan dari bahaya kantong plastik.

Kami adalah organisasi yang mendorong diujicobakannya “Kantong Plastik Tidak Gratis” pada tahun 2016 di 23 daerah dan berhasil mengurangi konsumsi kantong plastik hingga 55%. Uji coba tersebut adalah jawaban daripada petisi kami #Pay4Plastic yang didukung oleh lebih dari 70.000 orang di Change.org.

NILAI ORGANISASI

  1. Diversity
    Dengan keahlian beragam yang dimiliki oleh para pendiri dan pengurus, GIDKP mendapat dukungan terbaik untuk menjalankan program-programnya. Mulai dari ahli hukum, komunikasi, hingga lingkungan, dimiliki oleh GIDKP.  
  2. Collaboration
    GIDKP memiliki posisi yang jelas sebagai mitra dalam segala jenis bentuk kerjasama yang sesuai dengan program-program dalam upayanya mengurangi penggunaan kantong plastik.

    Sebagai bagian dari kampanye pembangunan berkelanjutan, GIDKP percaya bahwa kolaborasi atau kemitraan adalah kunci penting untuk membangun pemahaman bersama dalam mencapai cita-cita bersama.
  3. Solution-oriented Campaign
    Dengan fokus yang spesifik, GIDKP memiliki ciri khas tersendiri dalam memberikan solusi nyata terhadap permasalahan polusi plastik.

Victory lap

2010
2013
2014
2015
2016
2017
2018
2019
2020
  • Tahun 2010-2011

    #pay4plastic

    Kampanye Diet Kantong Plastik digagas oleh Greeneration Indonesia di tahun 2010 dengan pilot project donasi kantong plastik (berbayar) dari tahun 2010-2011. Kampanye ini bertujuan untuk mengajak masyarakat mengurangi penggunaan kantong plastik sekaligus mengedukasi mengenai sampah kantong plastik melalui penerapan SOP #pay4plastic. Dalam program ini, Cricle K menerapkan mengajak konsumen untuk membeli tas BaGoes seharga Rp25.000, sedangkan apabila konsumen tetap ingin menggunakan kantong plastik Circle K kantong tersebut dijual Rp100. Dana tersebut diakui digunakan kembali bagi kelestarian lingkungan dan program Clean Up Your City (kegiatan bersih kota).

    Pihak terkait yang terlibat:
    Greeneration Indonesia
    Circle K

    Liputan media:
    https://tekno.kompas.com/read/2010/10/31/12443163/~Sains~Umum

DUKUNG SEKARANG

Dukung dan bergabung dengan gerakan kami sekarang baik menjadi relawan, mitra hingga petisi dan donasi.