Kampanye

Kegiatan yang kami lakukan untuk menyebarkan semangat mengurangi penggunaan kantong plastik
lebih lengkap

Kampanye Diet Kantong Plastik bisa dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja. Tujuan kami adalah untuk menyebarkan semangat mengurangi penggunaan kantong plastik seluas-luasnya. Kegiatan-kegiatan yang kami lakukan adalah:

Wisata Plastik
Sungai kita penuh sampah! Tidak percaya? Mari kita susuri sungai kita dan buktikan sendiri. Sampah plastik merupakan sampah yang paling banyak terdapat di sungai. Sampah-sampah di sungai akan bermuara di laut. Sehingga tidak heran jika ternyata Indonesia mendapatkan posisi kedua sebagai negara penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. Dengan mengikuti Wisata Plastik, kita akan diajak untuk lebih memahami mengapa kita harus mengurangi penggunaan plastik, khususnya kantong plastik dan segera membuat aksi nyata!

Rampok Plastik
Kami “merampok” masyarakat yang terlihat membawa kantong plastik dan memintanya untuk ditukar dengan tas belanja pakai ulang. Kampanye ini pertama kali dilakukan oleh Komunitas Nol Sampah di Surabaya, kemudian dilakukan juga oleh The Body Shop Indonesia di Jakarta. Kami mereplikasi kampanye ini untuk mengajak lebih banyak masyarakat agar lebih mengurangi penggunaan kantong plastik dan menggunakan lebih sering tas belanja pakai ulang.

Edukasi DKP
Kami percaya bahwa pendidikan adalah aspek paling penting dalam proses perkembangan manusia. Kami merancang metode pendidikan untuk mengajak siswa/i sekolah dasar, menengah pertama, dan menengah atas untuk bergabung pula dalam upaya pengurangan penggunaan kantong plastik. Metode kami unik, yaitu menggabungkan presentasi, diskusi kelompok, pemutaran film lingkungan, dan membuat karya daur ulang dari bahan bekas. Selain siswa/i, Edukasi DKP juga kami berikan kepada guru dan juga karyawan sekolah (kebersihan dan kantin) sehingga bisa bersama-sama menciptakan sekolah yang bebas dari kantong plastik. Mau sekolahmu dikunjungi oleh GIDKP?

Pelatihan DKP
Kami mengembangkan kelompok-kelompok relawan untuk menjadi garda terdepan dalam menyosialisasikan diet kantong plastik. Pelatihan DKP kami berikan kepada relawan-relawan agar mereka mendapatkan pengetahuan dasar mengenai kampanye diet kantong plastik dan bisa menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, dengan selalu menolak kantong plastik dan menggunakan tas pakai ulang, dalam kehidupan sehari-hari hingga menjadi contoh yang baik di lingkungan terdekatnya. Tertarik menjadi relawan?

Petisi #pay4plastic
Petisi #pay4plastic pertama kali dikampanyekan pada tahun 2013 untuk mendorong ritel modern agar tidak memberikan kantong plastik secara gratis. Petisi ini kemudian berkembang di tahun 2015 dengan mempetisi Presiden dan Kepala Daerah agar membuat peraturan diet kantong plastik untuk tidak memberikan kantong plastik secara gratis di ritel modern. Petisi ini hingga saat ini sudah mencapai 70.000 lebih dukungan, baik secara online maupun offline. Petisi #pay4plastic sudah ditanggapi positif oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan ditindaklanjuti dengan munculnya kebijakan kantong plastik berbayar. Apakah daerahmu sudah melakukan hal yang sama? Jika belum, buat petisi untuk Kepala Daerahmu!

EnviroChallenge  

EnviroChallenge adalah sebuah program yang digagas oleh @america bersama dengan Perkumpulan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) untuk memberikan tantangan kepada siswa SMA agar membuat program lingkungan yang berdampak pada sekolah mereka. Ini adalah pengalaman pertama bagi @america dan GIDKP dalam menyelenggarakan EnviroChallenge. Aktivitas ini serupa dengan #EdukasiDKP, program yang dimiliki oleh GIDKP bagi pelajar untuk meningkatkan kesadaran mengenai pengurangan kantong plastik di lingkungan sekolah.

Envirochallenge dimulai pada tahun 2016. Tujuan dari pelaksanaan program ini adalah membangun kesadaran pelajar menengah atas mengenai isu-isu lingkungan di sekitar mereka; menantang para pelajar untuk membuat sebuah program lingkungan; dan mendorong para pelajar dalam mengimplementasikan program mereka masing-masing.

BAGIKAN

dukung sekarang

Dukung dan bergabung dengan gerakan kami sekarang baik menjadi relawan, mitra hingga petisi dan donasi.