logo Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik
Artikel

Heboh Plastik Berbayar, Ikea Lebih Dulu Andalkan Blue Bag

Oleh GIDKP
Oktober 12th, 2016
Baca artikel

JAKARTA – Budaya ritel di Indonesia kini secara serentak diubah. Jika sebelumnya sehabis belanja akan mendapatkan kantong plastik secara gratis, kini konsumen harus mengeluarkan kocek tambahan.

Namun, hal itu tidak terjadi pada peritel asal Swedia. Ikea sudah lebih dulu menggunakan kantong plastik berbayar yang ikonik bernama Blue Bag. Aturan ini tidak hanya berlaku di Indonesia, tetapi berlaku pada Ikea di berbagai belahan dunia.

“Tas ini 100 persen terbuat dari bahan polypropylene, ringan, ringkas, mudah dibersihkan dan dapat digunakan berulang kali. Selain dapat digunakan berulang kali sebagai tas belanja, juga dapat digunakan sebagai pemisah pakaian sebelum dicuci dan memisahkan barang-barang yang dapat didaur ulang,” ujar Marketing Manager Ikea Indonesia Eliza Fazia, di Jakarta, Rabu (24/2/2016).

Hadirnya tas ini mengajak masyarakat untuk mengubah kebiasaannya dalam penggunaan tas plastik dan mendorong kebiasaan baru untuk membawa dan menggunakan tas yang dapat digunakan kembali ketika berbelanja. Eliza berharap Ikea Blue Bag dapat membantu para pelanggan dalam memahami pentingnya memelihara sumber daya alam.

“Juga mengurangi dampak terhadap lingkungan dari perilaku membuang tas plastik secara tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Artikel di atas dapat dibaca di sini

BAGIKAN

Artikel terkait

Pilih kategori

DUKUNG SEKARANG

Dukung dan bergabung dengan gerakan kami sekarang baik menjadi relawan, mitra hingga petisi dan donasi.
Artikel terkait
Pilih kategori