logo Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik
Artikel

Rekomendasi Wadah Guna Ulang Untuk Jajan Takjil

Oleh GIDKP
April 11th, 2022
Baca artikel

Jajan takjil merupakan salah satu tradisi yang selalu ditunggu-tunggu umat Muslim menjelang Adzan Maghrib. Mulai dari makanan ringan hingga berat masih menjadi incaran para Muslim nih, Sobat DKP. Namun, dibalik tradisi tersebut, masih banyak kemasan takjil tersebut yang dibungkus menggunakan plastik sekali pakai.

Nah, untuk menghindari plastik sekali pakai, kita bisa loh Sobat DKP untuk membawa wadah guna ulang saat jajan takjil. Yuk ikuti beberapa tips dari GIDKP!

1. Gunakan Tumbler Kerenmu, Ya!

Tumbler atau botol minum guna ulang bisa digunakan untuk membeli takjil yang mengandung kuah atau air loh, Sobat DKP. Tumbler memiliki desain yang sangat trendy dan untuk melengkapi style kamu juga. Selain itu, kalau takjil yang kamu beli tidak habis, kamu akan lebih mudah untuk menaruhnya di lemari es untuk dinikmati kembali. 

Es buah, kolak, es kelapa, es cincau rasanya juga bisa jadi rekomendasi takjil yang kamu bisa beli menggunakan tumbler, Sobat DKP. Wah semakin gak sabar nih untuk berbuka puasa :D.

2. Membawa Tempat Makan Dari Rumah

Apapun takjil yang dibeli, jangan lupa untuk membawa tempat makan dari rumah ya, Sobat DKP! Karena dengan membawa tempat makan sendiri, kita bisa lebih menjaga kesehatan. Plastik sekali pakai mengandung partikel mikroplastik yang bersifat karsinogenik atau dapat menyebabkan kanker loh. Jadi kebayang dong makanan yang baru matang kalau dibungkus dengan plastik sekali pakai akan melepaskan berapa banyak partikel mikroplastiknya? mengerikan , bukan?

Dengan membawa tempat makan dari rumah juga kita gak perlu repot lagi untuk memindahkan takjil yang sudah dibeli sesampainya kita di rumah.

3. Besek Bambu Bisa Menjadi Pilihan

Bosan dengan wadah makanan yang itu-itu aja? Besek bambu bisa menjadi salah satu pilihan. Penggunaan besek bambu ini dapat digabungkan dengan daun sebagai alas makanan. Setelah digunakan untuk wadah makanan, besek bambu dapat digunakan berulang kali, atau juga bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya seperti wadah perhiasan atau tempat bumbu dapur.

Kalau besek bambu rusak, bisa langsung dibuang. Karena termasuk bahan organik, besek bambu dapat terurai secara sendirinya di alam. Jadi gak ada lagi sampah yang menumpuk dari penggunaan besek bambu.

4. Jangan Lupakan Tas Guna Ulangmu!

Kalau sudah membawa wadah guna ulang untuk membeli takjil, tas guna ulang juga jadi salah satu list yang gak boleh dilupakan saat jajan takjil. Tas guna ulang yang kamu gunakan gak harus mahal kok, Sobat DKP, yang penting ukurannya cukup untuk membawa barang belanjaanmu dan bisa digunakan berulang kali.

BAGIKAN

Artikel terkait

Pilih kategori

DUKUNG SEKARANG

Dukung dan bergabung dengan gerakan kami sekarang baik menjadi relawan, mitra hingga petisi dan donasi.
Artikel terkait
Pilih kategori