logo Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik
Artikel

Belanja Online Bebas Plastik di Kota Bandung

Oleh Hanna Alynda
Mei 27th, 2022
Baca artikel

Bandung (31 Maret 2022). Semakin meniningkatnya minat berbelanja online pada masyarakat dikarenakan pandemi yang mengharuskan adanya pengurangan kontak secara langsung, membuat pedagang di Pasar Cihapit dan Kosambi mulai beradaptasi dan mengikuti perkembangan ekonomi dengan menyediakan layanan berbelanja online melalui berbagai platform seperti Whatsapp dan Tokopedia. Untuk mendukung kegiatan tersebut Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) bersama Pemerintah Kota Bandung dan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Juara berupaya untuk berdiskusi dengan para pedagang dan kurirĀ  Pasar Cihapit dan KosambiĀ  terkait dengan kemungkinan Belanja Online Bebas Plastik di Pasar Tradisional.

 

  • Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 31 Maret 2022 yang bertempat di Restoran 90 Kitchen, Kota Bandung.
  • Sebanyak 32 tamu undangan undangan termasuk peserta Workshop Belanja Online Bebas Plasitk hadir untuk berdiskusi.
  • Tujuan program tersebut dilaksanakan agar tidak hanya konsumen yang berbelanja namun pelaku usaha dan kurir yang terdapat di Pasar Kosambi dan Cihapit juga dapat memahami dan melakukan upaya untuk mengurangi pemakaian plastik sekali pakai di Pasar Tradisional, selain itu pelaku usaha dan kurir juga dapat memberikan edukasi kepada pembeli untuk mulai menggunakan wadah guna ulang dan kantong ramah lingkunan dalam aktivitas belanja online di pasar tradisional.
  • Pada rangkaian kegiatan workshop ini dibahas tentang perubahan perilaku masyarakat peningkatan aktivitas belanja online di masa pandemi, ide, tantangan, dan upaya dalam aktivitas belanja online bebas plastik di pasar tradisional, dan bentuk dukungan dan keterlibatan antar pihak dalam mendukungan aktivitas belanja online bebas plastik
BAGIKAN

Artikel terkait

Pilih kategori

DUKUNG SEKARANG

Dukung dan bergabung dengan gerakan kami sekarang baik menjadi relawan, mitra hingga petisi dan donasi.
Artikel terkait
Pilih kategori