logo Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik
Artikel

Forum Group Discussion Pedagang Pasar Pandu dan Pekauman

Oleh GIDKP
November 30th, 2021
Baca artikel

Dalam menindaklanjuti kegiatan pasca Riset Baseline yang dilakukan di kedua pasar tersebut. Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik Bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin melaksanakan Froum Group Discussion (FGD) Bersama pedagang Pasar Pandu dan Pekauman untuk mencari solusi yang tepat dalam mengurangi sampah plastik sekali pakai di pasar mereka masing-masing.

Acara ini dibawakan oleh Ibu Rifiana, SP, MP di PD Pal Kota Banjarmasin. Acara berlangsung lancar hingga akhir. Antusias dari pedagang terlihat disaat beberapa pedagang berani menyuarakan pendapatnya. Baik yang pro dan kontra. Materi yang disampaikan berupa informasi jumlah penggunaan plastik sekali pakai dalam seharinya yang digunakan oleh pedagang dan tips agar dapat mengurangi plastik sekali pakai. Kesimpulan FGD tersebut 90% pedagang setuju untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dengan catatan perlunya solusi yang tepat dan tidak merugikan bagi para pedagang maupun konsumen.

FGD ini juga dihadiri oleh penyedia tas guna ulang. Sehingga, acara ini juga bisa menjadi wadah penghubung antara pedagang dan penyedia tas guna ulang. Diakhir kegiatan, perwakilan dari kecamatan, kelurahan, dan pemerintah menyatakan dukungannya kepada para pedagang pandu dan pekauman agar bisa melaksanakan kegiatan ini dengan baik.

*******

Catatan

  1. Dokumentasi Cara Belanja Bebas PlastikĀ https://youtu.be/1ocfsdtsVSM
  2. Dokumentasi Banjarmasin Dukung Pasar Tradisional Bebas Kantong PlastikĀ https://youtu.be/7zimroZYUHY
BAGIKAN

Artikel terkait

Pilih kategori

DUKUNG SEKARANG

Dukung dan bergabung dengan gerakan kami sekarang baik menjadi relawan, mitra hingga petisi dan donasi.
Artikel terkait
Pilih kategori