logo Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik
Artikel

Kongkow Ijo Edisi Pertama : Menaklukkan Plastik!

Oleh GIDKP
September 18th, 2013
Lihat artikel

kongkow ijoBerita, DKP – Jakarta (30/8). Change.org dan Green Radio Jakarta berkolaborasi membuat suatu pertemuan tatap muka untuk pertama kalinya dengan nama acara “Kongkow Ijo”. Pertemuan perdana ini dilakukan pada Jum’at, 30 Agustus silam di Kedai Tempo (Green Radio), Jalan Utan Kayu, Jakarta Timur, pukul 18:00-22:00 WIB dengan tema “Menaklukkan Plastik”. Dimana narasumber untuk tema kali ini adalah Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP), yang dihadiri oleh Christian Natalie, Gunawan, Rahyang Nusantara, Tiza Mafira, dan Vanessa Letizia.

Acara yang dihadiri oleh berbagai macam komunitas, pendengar radio, dan juga penandatangan petisi pay for plastic disuguhi berbagai macam penampilan musik, talkshow, workshop, dan juga kuliner sehat. GIDKP sendiri menjadi narasumber untuk talkshow dan workshop. Pada sesi talkshow, GIDKP menjelaskan mengenai mengapa gerakan ini muncul. Gerakan ini mengajak seluruh pemangku kepentingan: Pemerintah,  Retailer, Komunitas, Media, dan individu; untuk bersama-sama mengurangi penggunaan kantong plastik yang berlebihan, melalui kampanye dan partisipasi aktif. Awal mula terbentuknya kampanye dengan mengusung nama “diet kantong plastik” ini muncul karena sudah dimulai oleh berbagai lembaga daerah di

Indonesia, salah satunya tercatat sejak bulan Oktober 2010 dengan nama program kampanye Diet Kantong Plastik. Program kampanye Diet Kantong Plastik bekerja sama dengan salah satu convenience store di 6 kota besar dalam penerapan prosedur Diet Kantong Plastik di kasir selama November 2010 –November 2011, yang mengurangi 8.233.930 lembar kantong plastik.

Dari tahun 2011 hingga 2013 tercatat adanya berbagai kegiatan sosialisasi kampanye pengurangan kantong plastik di 11 kota, oleh komunitas masing-masing kota: Aceh, Tangerang, Jakarta, Bekasi, Bogor, Bandung, Gresik, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, hingga Makassar. Di awal tahun 2013, lembaga-lembaga pegiat isu kantong plastik: Change.org, Ciliwung Institute, Earth Hour Indonesia, Greeneration Indonesia, LeafPlus, Plastik Detox, Si Dalang, The Body Shop, dan beberapa perwakilan individu, menginisiasi gerakan nasional bersama, bernama Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP). Dengan tujuan besar yang sama, masing-masing lembaga berkomitmen untuk bersama-sama membuat working group skala nasional untuk memperbesar dampak tujuan yang dicitacitakan bersama, yang tidak lepas dari bantuan seluruh pihak pemangku kepentingan.kongkow ijo buat reusable bag

Selain talkshow, GIDKP mengajak tamu undangan yang hadir untuk mengikuti workshop pembuatan tas pakai ulang dari kaos bekas. Tujuan dari workshop ini sendiri adalah untuk mengajak peserta untuk mulai dengan niat baik dengan hal yang seru untuk melakukan upaya pengurangan penggunaan kantong plastik.

Acara Kongkow Ijo ditutup dengan penampilan dari Efek Rumah Kaca dan sesi ngobrol-ngobrol antar tamu undangan. Sampai jumpa di Kongkow Ijo selanjutnya!

(RN)

BAGIKAN

Artikel terkait

Pilih kategori

DUKUNG SEKARANG

Dukung dan bergabung dengan gerakan kami sekarang baik menjadi relawan, mitra hingga petisi dan donasi.
Artikel terkait
Pilih kategori